Penggangu Konsentrasi Kerja

Penggangu Konsentrasi Kerja

Anda selalu ingin menyelesaikan pekerjaan anda dengan sebaik-baiknya, namun bukannya menjadi lebih produktif, anda malah sering berkutat dengan hal-hal yang mengganggu konsentrasi kerja. Ketika anda berada dalam jam dan ruangan kerja, maka gunakanlah HANYA untuk bekerja. Untuk bisa bekerja dengan penuh konsentrasi, maka anda perlu menata ulang ruangan kerja anda, agar otak merasa fresh sebelum menjalankan tugasnya.

Sayangnya terkadang kita sering melakukan hal-hal yang justru mengganggu konsentrasi bekerja. Sebetulnya mungkin kita tidak sengaja melakukan hal-hal tersebut, namun karena begitu seringnya melakukan itu, sampai-sampai kita tidak sadar bahwa hal-hal kecil itu penyebab terganggunya konsentrasi kerja. Beberapa hal berikut perlu anda perhatikan:

  1. Letakkan alat tulis di tempatnya!- Anda mungkin tidak sadar seberapa besar konsentrasi anda terganggu karena hal-hal sepele semacam ini. Ketika anda akan memulai mengerjakan sesuatu, tiba-tiba anda sadar bahwa anda bahkan tidak punya pulpen untuk menulis!. Anda mulai mencari-cari di mana pulpen terakhir anda letakkan. Anda hanya butuh pulpen pada waktu itu, dan mungkin tidak banyak yang akan anda tulis saat itu, tapi karena anda butuh beberapa menit untuk mencari pulpen, maka anda tidak sadar bahwa anda sedang mengalihkan perhatian otak anda. Anda hanya perlu beberapa menit (bahkan detik) untuk membuat otak anda tidak lagi bersemangat!. Ketika otak anda sedang tertantang untuk beraktifitas tiba-tiba saja anda disibukkan dengan kegiatan "mencari alat tulis" yang sangat tidak penting itu. Anda bisa memilih memperbaiki cara kerja anda di kantor, atau anda memilih untuk tetap membiasakan mengalihkan perhatian dan konsentrasi kerja anda. Letakkanlah alat tulis di tempat yang tertentu. Buatlah semua menjadi seefisien mungkin.
  2. Belajarlah untuk mem-filing dokumen.- Kelihatannya pekerjaan meletakkan file/dokumen kerja, benar-benar pekerjaan sepele. Tapi coba anda ingat-ingat berapa kali anda sering keteteran mencari dokumen/file yang sedang anda butuhkan (bos anda butuhkan?). Ketika atasan anda meminta suatu file, apakah anda bisa menyediakannya dengan cepat? Ketika anda akan mengerjakan tugas anda, apakah semua referensi dokumen sudah anda persiapkan di atas meja, atau anda masih perlu mencari-cari lagi?. Mulailah untuk tidak merendahkan pekerjaan administratif semacam ini. Semua itu ada ilmunya, demikian juga dengan mem-filing dokumen. Berapa banyak waktu yang anda buang untuk sekedar mencari-cari dokumen?. Lagipula masalah terbesarnya bukan pada waktu yang anda perlukan untuk mencari dokumen, akan tetapi betapa seringnya anda mengalihkan konsentrasi anda ketika itu. Dengan seringnya anda mengalihkan konsentrasi kerja, berarti anda melatih diri anda untuk tidak konsentrasi saat bekerja.

Tips yang terakhir untuk mengatasi pengganggu konsentrasi kerja adalah dengan melakukan action secepatnya. Anda tidak bisa hanya melihat tips di atas dan sekedar berkata "oh…begitu toh, oke, oke saya tahu itu". Selama anda tidak serius mengubah gaya kerja anda, maka selama itu pula tidak akan banyak yang berubah dari konsentrasi kerja anda. Terkadang kita tidak memerlukan banyak tips dalam hidup (demikian juga dengan konsentrasi kerja). Terkadang kita hanya perlu berkomitmen untuk melakukan hal-hal kecil secara konsisten.

Meletakkan barang-barang di tempatnya adalah salah satu tindakan nyata menyingkirkan pengganggu konsentrasi kerja anda. Lakukanlah secara serius mulai dari sekarang…